Minggu, 23 Oktober 2016

Cara menerapkan proses pembuatan tabel data peminjaman buku pada microsoft Access

Menerapkan proses pembuatan tabel data peminjaman buku pada microsoft Access

Pertama-tama buka terlebih dahulu Microsoft Access sehingga muncul tampilan awal dari Microsoft Accesss atau juga bisa dengan start à all programs à microsoft office à microsoft access. Tampilan Awal ms.access dapat dilihat sepeti gambar dibawah ini :

Kemudian klik “blank dekstop database” yang akan mngarahkan pada sebuah database yang kosong sehingga akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :

Isikan pada kolom dibawah File Name. Isikan sesuai dengan keinginan, Selanjutnya klik icon document yang ada disamping kolom yang berfungsi untuk menyimpan/meletakan sebuah database yang akan dibuat, Lalu klik create sehingga akan muncul tampilan seperti gambar berikut :

Kemudian jika sudah klik pada menu Tab home atau pada lembar blank database yang sudah dibuat klik menu view pada Tab Home à Design View seperti gambar diatas , sehingga akan diarahkan ke tampilan berikut ini :

Selanjutnya akan diminta untuk memberi sebuah nama pada tampilan diatas untuk design view yang akan dibuat pada kolom table name isikan sesuai dengan keinginan misalkan pada tampilan diatas tabel tersebut akan diberi nama “Data Buku” kemudian, klik “OK” Tampilan akan menjadi seperti gambar dibawah ini :

Kemudian,isikan pada kolom field name dan data type misalkan pada gambar diatas akan diisi Kode Buku = Short Text, Judul Buku = Short Text,Pengarang = Short Text, Penerbit = Short Text, Tahun ternit= Short Text dll bisa diisi sesuai keinginan lalu klik view à pilih Datasheet View maka tampilannya akan menjadi seperti gambar berikut :

Maka akan muncul sebuah pesan “Do you want to save the table now” jika sudah diklik datasheet view lalu klik “YES” sehingga tampilan tersebut akan berubah menjadi gambar berikut :

Selanjutnya isikan data pada kolom-kolom tersebut , misalnya kita akan mengisi database Kode Buku dan Judul Buku,Pengarang,Penerbit serta Tahun Terbit dari masing-masing Data Buku yang terangkum dalam 5 orang, isikan data sesuai dengan keinginan untuk melengkapi kolom-kolom dan baris.

Kemudian, Jika sudah diisi kolom dan baris tersebut seperti pada gambar diatas Klik Tab menu Create à Klik tabel, tabel berikut ini berfungsi untuk menghubungkannya pada tabel sebelumnya.

Kemudian, Sama seperti langkah sebelumnya jika sudah membuat tabel klik Tab Menu Home à klik view à Design View lalu akan muncul tampilan seperti langkah sebelumnya yaitu tabel name pada tabel name kalo ini misalkan dapat diisi “PEMINJAM” untuk tabel name setelah itu klik “YES” sehingga akan muncul “Do you want to save the table now” pesan/perintah yang sama seperti sebelumnya.

Selanjutnya, isi field name dan data type kembali paa yang sudah dibuat misalkan saja akan mengisi No ID = Number,Nama = Short Text,Kelas = Short Text,Alamat = Short Text, No HP= Number pada No ID dan No ID  pada tabel selanjutnya serta Kode Buku dan Kode Buku  harus sama karena data tersebut merupakan primary key yang harus sama dapat diketahui pada lambang kiri baris No dan ID karyawan ada lambang “KUNCI” itulah primary key, bisa dilihat seperti gambar dibawah ini :


Kemudian , Sama seperti langkah sebelumnya yaitu klik view à datasheet view lalu isikan No ID yang harus sama angkanya seperti No ID serta kode buku harus sama dengan kode buku pada tabel selanjurnya dan setelah itu isi No ID,Nama,Kelas,Alamat sesuai data yang diinginkan, bisa dilihat seperti gambar dibawah ini:


Kemudian, Buatlah satu tabel lagi untuk melegkapi tabel-tabel yang lain dan bisa dihubungkan dengan baik terhadap tabel-tabel yang lain sama seperti langkah sebelumnya jika sudah membuat tabel klik Tab Menu Home à klik view à Design View lalu akan muncul tampilan seperti langkah sebelumnya yaitu tabel name pada tabel name kalo ini misalkan dapat diisi “PEMINJAMAN BUKU” untuk tabel name setelah itu klik “YES” sehingga akan muncul “Do you want to save the table now” pesan/perintah yang sama seperti sebelumnya. Bisa dilihat seperti gambar berikut :


Isikan Data-data tersebut sesuai dengan gambar diatas kemudian sama seperti langkah sebelumnya yaitu klik view à datasheet view lalu isikan No ID yang harus sama angkanya seperti No ID serta kode buku harus sama dengan kode buku pada tabel selanjutnya dan setelah itu isi No ID,Kode Buku,Tanggal Pinjam,Tanggal Kembali sesuai data yang diinginkan, bisa dilihat seperti gambar dibawah ini :


Kemudian, hubungkan kedua tabel yang telah dibuat agar data tersebut menyatu menjadi satu sehingga memudahkan untuk dibaca dan untuk dibuat sebuah database karyawan.

Untuk menghubungkan kedua tabel data tersebut dapat mengklik menu Tab Table à Klik Relationship.
Selanjutnya, Klik Add pada pilihan tabel “DATA BUKU” , “PEMINJAM” dan “PEMINJAMAN BUKU”sehingga akan memunculkan 3 tabel seperti gambar diatas lalu drag & drop pada tabel data buku,peminjaman buku dan peminjam yaitu pada pilihan “KODE BUKU ke KODE BUKU” dan pada pilihan “NO ID” ke NO ID sehingga akan memunculkan menu pilihan setelah itu klik “CREATE” pada pilihan tersebut kemudian akan menghasilkan sebuah tampilan seperti gambar dibawah ini :


Pada gambar diatas akan terlihat sebuah garis itu berarti kedua data/tabel tersebut sudah terhubung satu sama lain.

Kemudian, Klik Tab Menu Create à pilih Query Design yang akan mengarahkan sebuah tampilan yang terdapat banyak pilihan untuk memasukan data apa saja yang akan dipilih untuk menghubungkan 3 tabel tersebut.

Kemudian, Klik pada pilihan design query tersebut yang akan menghasilkan tampilan seperti gambar dibawah ini :


Setelah muncul tampilan seperti gambar diatas maka sebelum tampilan seperti gambar diatas akan muncul tampilan seperti langkah sebelumnya yaitu “SHOW TABLE” yang akan terdapat 3 table, table “DATA BUKU” ,“PEMINJAM” dan “PEMINJAMAN BUKU “maka klik add 3 table tersebut tidak didrag & drop karena table tersebut sudah terhubung.

Selanjutnya, pada kolom field isikan data yang akan dibuat untuk menjadi sebuah tabel yang satu sehingga tidak menghasilkan 3 tabel lagi seperti gambar diatas.Bisa dilihat seperti gambar dibawah ini :


Selanjutnya, membuat sebuah laporan dari data-data tersebut dengan langkah klik Menu Tab Create à klik Report maka data-data tersebut akan berubah kedalam tampilan laporan tidak berbentuk tabel lagi,bisa dilihat seperti gambar dibawah ini :

Selanjutnya, jika sudah muncul tampilan seperti gambar diatas maka ubah judul laporan yang sudah dibuat sesuai dengan keinginan misalkan disini judulnya “DATA PEMINJAMAN BUKU” lalu akan membuat sebuah bentuk baru yang berfungsi untuk menampilkan data selanjutnya maupun sebelumnya dalam 1 lembar atau 1 tampilan dengan mengklik Tab Menu Create àklik More Form àMutiple Split yang berada disamping Query Design pada data diatas akan dibuat pecahan form-form dari data buku sampai data peminjaman buku langkahnya pun juga sama semuanya tidak ada yang berbeda maka hasilya akan terdiri dari beberapa form,dapat dilihat seperti gambar dibawah ini :


Selanjutnya,buat form tabel seperti langkah-langkah sebelumnya yang akan terdiri dari beberapa tabel dan design beri button.

Kemudian, akan diarahkan kesebuah menu tab lain yaitu “DESIGN” lalu klik view à design view yang akan menghasilkan sebuah tampilan seperti gambar dibawah ini :


Setelah muncul tampilan seperti gambar diatas pada awalnya tidak ada kolom kecil-kecil dibawah “FORM FOOTER” selanjutnya drag & drop pada bagian “FORM FOOTER” kebawah yang akan menghasilkan kolom-kolom kecil seperti pada gambar diatas lalu klik icon button atau pada ms.access klik icon xxx sama saja dengan button kemudian klik kanan dan geser boleh ditempatkan sembarang tempat sehingga akan membentuk sebuah kotak lalu lepas klik kanan tersebut tang akan seperti pada gambar diatas setelah itu akan diarahkan ke sebuah pilihan seperti gambar dibawah ini :


Pada pilihan category klik “RECORD NAVIGATION” pada pilihan action klik pilihan “GO TO NEXT RECORD”,” PREVIOUS”,”FIRST”,”LAST” dan “FIND” pilihlah secara satu-satu kemudian, setelah dipilih lakukan hal yang sama untuk membuat “DELETE RECORD”,”SAVE” dan “PRINT” dengan mengklik icon button à buat kotak à Category : Record Operation à Action : Delete,Save,Print pilih satu-satu tidak bisa semuanya centang “TANDA TEXT”untuk memberi nama bukan yang lain lalu akan menghasilkan tampilan seperti gambar dibawah ini :


Selanjutnya, rapihkan button yang telah dibuat seperti pada gambar diatas setelah itu klik Tab Menu View à klik Form View seperti pada gambar diatas yang akan mengarahkan kesebuah tampilan seperti pada gambar dibawah ini :

Maka akan menghasilkan seperti gambar diatas yang tediri dari beberapa form split dan digabungkan kemudian,Menu button tersebut yang sudah dibuat pada langkah sebelumnya dapat berfungsi dengan baik sesuai perintah pembuatan langkah sebelumnya misalkan terdapat menu button “NEXT” maka dengan mengklik button next akan menampilkan data selanjutnya begitupun button yang lain sesuai dengan fungsinya masing-masing.