Jumat, 22 April 2016

[ISD]-Kenakalan Remaja yang Berkembang di Masyarakat

Kenakalan Remaja


Penjelasan :
Berdasarkan berita diatas dijelaskan bahwa berita tersebut tentang curanmor atau pencurian sepeda motor yang dilakukan oleh pelajar SMA/SMK, Kemudian pelajar SMA/SMK tersebut setelah mencuri sepeda motor pada beberapa hari yang lalu ditangkap setelah pulang sekolah oleh petugas yang berwenang dan juga diduga bahwa kakak kandung dan temannya pencuri tersebut ikut terlibat dalam aksi curanmor yang kemudian telah ditangkap.

Kemudian, setelah ditangkap pelaku aksi curanmor tersebut diintrograsi mengenai pencurian sepeda motor tersebut yang telah dilakukan pada beberapa hari yang lalu bersama kakak dan temannya .Pelaku ditangkapkap setelah pulang sekolah yang berada di bekasi.

Sepeda motor yang telah dicuri pelaku pada aksi kali ini adalah Yamaha Mio milik Khamin dalam kasus pecurian itu, ketiganya melakukan aksi pencurian di pondokgede, februari lalu.Pelaku melihat motor dilokasi kejadian yang tidak dikunci stang yang kemudian mereka mencuri sepeda motor tersebut dengan cara di-step menurut intrograsi yang telah dilakukak oleh petugas yang berwenang.

Komentar :
Semua kenakalan remaja ini tentu berdampak pada remaja itu sendiri. Jika tidak segera ditangani, remaja tentu akan bertumbuh menjadi pribadi yang buruk. Pandangan orang lain terhadap mereka juga berbeda, cibiran akan senantiasa ditujukan kepada remaja yang nakal itu. Belum lagi diskriminasi sosial yang akan dilakukan masyarakat jika kenakalan yang dilakukan benar-benar merugikan orang lain. Tekanan yang terus didapat dari masyarakat yang mengucilkan remaja itu akan membuatnya depresi dan stress. Nama keluarga juga dapat tercemar dan akibatnya keluarga harus menanggung malu.

Jika kenakalan yang dilakukan remaja sudah berbau kriminal, dampak terburuknya remaja tersebut harus berurusan dengan hukum. Bila sampai di penjara, tentu masa depan remaja itu akan hancur. Untuk mencegah terjadinya kenakalan remaja, orang tua harus memperhatikan anak-anaknya. Orang tua harus tahu dengan siapa anaknya bergaul. Selain itu, orang tua juga dapat memantau aktivitas yang dilakukan anaknya diluar jam sekolah. Beri pendidikan agama sejak dini pada anak untuk menguatkan iman mereka agar tidak tergoda dengan hal-hal negatif yang merugikan. Selain pendidikan agama, beri pengetahuan pada anak tentang bahaya narkoba, seks bebas atau tindakan negatif lainnya.

Saran :
Kenakalan remaja semakin populer dan menjadi masalah yang 'lumrah' di era modern ini.
hal ini akan semakin sulit untuk ditanggulangi jika perilaku tersebut sudah menjadi budaya dan kebiasaan remaja. atau remaja yang bersangkutan sudah jauh berada di dalam kubangannya (Kenakalan Remaja).
Walaupun kenakalan remaja diangap lumrah dan lazim dilalui oleh remaja serta merupakan aspek Perkembangan dalam krun masa tahap-tahap perkembangannya, namun kenakalan remaja ini bukanlah hal perkembangan yang mutlak harus dilalui oleh remaja.hal ini tentunya juga dapat dicegah atau minimal dikurangi dengan pendekatan-pendekatan emosional serta ikatan hubungan yang baik dari lingkungan sosialnya, dalam hal ini khususnya keluarga dan orang tua sebagai lingkungan sosial terdekatnya.karena dengan begitu, para remaja(anak) akan merasa diperhatikan, dipedulikan, yang kemudian akan dapat membantu para remaja itu untuk menemukan identitas dirinya dalam proses identifikasi diri.

Komunikasi yang intens juga sangat membantu anak untuk mengenali dan memahami masalah yang dihadapinya serta merasa aman dan nyaman ketika bersama orang-orang terdekatnya. Karena tidak jarang, kenakalan remaja disebabkan oleh rasa frustasi, kesulitan mencari sosok yang dapat dijadikan panutan dalam pola hidupnya serta kesukaran dalam penyesuaian terhadap perubahan-perubahan dan perkembangan yang terjadi pada dirinya, baik dari aspek fisik maupun mentalnya dengan lingkungan sosialnya.

Sumber :
Nonstop Borgol
Tahun terbit :
Minggu,23 Agustus 2015